Buka jam 08.00 s/d jam 22.00
Beranda » Artikel Terbaru » Warna dan Jenis Kain Songket Palembang, Yuk Kenali Sejarahnya

Warna dan Jenis Kain Songket Palembang, Yuk Kenali Sejarahnya

Diposting pada 19 October 2019 oleh Songket Palembang Asli
Songet Palembang Motif Bunga Cina Pulir Kandang

Songket Palembang Motif Bunga Cina Pulir Kandang Bahan dari Sutra Alam Benang emas kristal

Kekayaan budaya Indonesia tercermin dari beragam jenis benda pusaka termasuk kain tradisional yang dikenakan warga masyarakat.

Salah satunya adalah kain songket Palembang, Sumatera Selatan. Tidak main – main, kain yang dahulunya diperuntukkan khusus bagi kalangan bangsawan dan kerajaan Sriwijaya ini terbuat dari benang emas asli.

Pada masa Kerajaan Sriwijaya, kain songket menjadi pakaian sekaligus kain kebanggaan warga Palembang. Sekitar 1659 – 1823, terbentuk Kesultanan Palembang yang beragama Islam dan menjadikan kain songket Palembang sebagai busana kenegaraan yang istimewa.

Dari sejarah yang beredar, dahulu para pedagang yang berasal dari Arab, India, dan China membawa emas datang ke Palembang. Kemudian, para pengrajin tenun kain songket menggunakan benang emas sebagai lapisan kain.

Sehingga, saat dipakai kain songket tampak gemerlap dan lebih glamor untuk dikenakan kalangan istana.

Jenis Kain Songket Palembang

Kain songket Palembang kini terus berkembang dari segi warna dan jenisnya. Ada beberapa jenis motif kain songket Palembang yang umum dijumpai di Sumatera Selatan. Yuk, kita cek satu per satu sebagai berikut.

1. Songket Bunga

Sesuai namanya, motif ini banyak terinspirasi dari gambar bunga dan masih menerapkan benang emas.

Terdapat dua varian songket bunga, yakni bunga emas dan bunga pacik. Kedua songket bunga ini masing – masing memiliki keistimewaan dari jenis benang emas.

Songket bunga emas umumnya lebih umum dipakai oleh warga etnis Tionghoa. Sementara, songket bunga pacik yang dibuat dari benang kapas putih lebih populer di kalangan warga masyarakat etnis Arab yang ada di Palembang.

2. Songket Limar

Ciri khas yang bisa ditemui dalam motif songket limar adalah pewarnaan yang menerapkan nuansa terang dan cerah. Dari segi etimologis, kata “limar” dalam bahasa Palembang berarti “berwarna – warni”.

Bisa dilihat dari pesona songket limar yang berwarna – warni dan masih mendapatkan perpaduan benang emas yang mewah. Teknik pembuatannya juga cukup rumit karena harus menggunakan metode pencelupan kain.

Bahkan, ada beberapa jenis songket limar yang dibuat dari benang sutera asli sehingga sangat halus dan membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama.

Pengrajin yang membuat kain songket limar harus ekstra hati – hati untuk mencelupkan warna benang sutera berwarna – warni. Selanjutnya, kain songket masih harus ditenun dengan benang emas agar ciri khas songket emas masih bisa terlihat glamor.

Maka itu, tidak heran apabila harga per lembar kain songket limar sangat sepadan dengan proses pengerjaannya yang membutuhkan teknik tinggi.

3. Songket Tabur

Berbeda dengan motif songket limar atau bunga, songket tabur mengadopsi ciri motif yang kecil – kecil dan menyebar ke seluruh permukaan kain seperti ditaburkan.

Motif kecil – kecil ini kadang bisa berupa motif bunga, motif bintang, dan sebagainya. Ada tiga varian songket tabur yang bisa dijumpai, yaitu songket tawur tampak magis, songket tawur nampan perak, dan songket tawur lintang.

4. Songket Tretes

Selanjutnya, beralih ke songket tretes. Songket tretes memiliki ciri khas identik dengan mengadopsi motif hanya terdapat di sisi ujung – ujung kain saja.

Sementara itu, di sisi tengah sengaja dibuat polos tanpa motif apa pun. Terdapat pula modifikasi songket tretes yang menerapkan motif tawur atau motif tabur untuk mengisi bagian tengah kain agar tidak terlalu polos.

Motif tretes biasanya bergambar garis – garis dengan mata tombak. Menurut warga Palembang, motif tretes melambangkan kemakmuran Kerajaan Sriwijaya dan masyarakat yang hidup sejahtera.

5. Songket Lepus

Keberadaan songket lepus tidak bisa dipisahkan dari warga Palembang. Songket lepus sangat populer dikenakan dalam acara ceremoni seperti pernikahan dan acara kebangsawanan lainnya.

Songket lepus sepenuhnya terlapisi dengan benang emas yang tampak gemerlap, mewah dan eksklusif. Sehingga, umumnya yang memakai bukan orang sembarangan. Ada tiga varian songket lepus berdasarkan motif dan benang yang dipakai. Antara lain lepus penuh, lepus berantai, dan lepus berekam.

***

Nah, kain songket Palembang yang mana nih, yang ingin Anda koleksi terlebih dahulu? Pastikan Anda hanya membeli kain songket Palembang asli di Sulaiman Songket. Klik website http://www.songketpalembangasli.com atau contact via Sms/ Whatsapp/ Telegram : 0821- 7618 – 2836 untuk info selengkapnya.

Bagikan informasi tentang Warna dan Jenis Kain Songket Palembang, Yuk Kenali Sejarahnya kepada teman atau kerabat Anda.

Warna dan Jenis Kain Songket Palembang, Yuk Kenali Sejarahnya |

Belum ada komentar untuk Warna dan Jenis Kain Songket Palembang, Yuk Kenali Sejarahnya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan